Selasa, 02 Mei 2017

Ulasan 1 - Week 04

URL Video: https://youtu.be/G5s4-Kak49o
Judul: Where Do Deleted Files Go?   
Author: Vsauce
Durasi: 10 menit 34 detik
Jumlah Views: 9,028,854

Ringkasan
Video ini menjelaskan tentang kemana file/folder yang kita hapus di dalam komputer. Dalam video ini diilustrasikan bahwa 'benar-benar' menghilangkan file dalam komputer merupakan hal yang sulit. Memindahkan file ke recycle bin / trash hanya sebuah permulaan karena kita bisa me-restore file yang kita hapus dan mengembalikannya ke tempat semula. Ketika mengosongkan trash, sebenarnya file tersebut masih terletak di dalam memory komputer namun pointer, sebuah tipe data dari file yang menunjuk alamat memory dari file tersebut yang dihapus, sehingga komputer tidak dapat 'menemukan' atau 'melihat' file tersebut. File yang tetap berada di memory ini selanjutnya akan di-overwrite oleh file-file baru. Hal ini cukup menarik, karena kita dapat me-recover file-file yang sudah kita remove dari trash dengan beberapa perangkat lunak recovery tool jika file tersebut belum / hanya sedikit ter-overwrite. 

Disini juga dijelaskan tentang Bad Sector yaitu alamat memory yang tidak dapat diakses karena kerusakan fisik perangkat keras dari memory, seperti transistor yang rusak atau sebagainya. Dengan demikian, file yang berada di dalam alamat memory tersebut akan tetap berada disini karena tidak dimungkinkan untuk diakses atau melakukan overwrite

Video ini cukup menarik karena dikatakan bahwa untuk benar-benar menghilangkan file dari komputer kita harus melakukan overwrite sebanyak 35 kali dan bahkan itu belum cukup. Selain itu, hal yang menarik yang dipaparkan adalah file dalam komputer yang sudah rusak atau tidak digunakan dapat di-recover kembali. Disebutkan bahwa sampah-sampah komputer dari Eropa, Amerika Serikat dan Jepang ditimbun di negara Ghana. Hal ini dilakukan karena diperlukan biaya yang lebih sedikit dengan memberikan sampah komputer tersebut sebagai donasi ketimbang menghacurkan atau mendaur-ulangnya. Hal ini dimanfaatkan oleh sekelompok kriminal yang terorganisir dari negara tersebut untuk mendapatkan file-file penting dan bahkan mereka dengan sukses me-recover data penting dari Defense Intelligence Agency, Homeland Security, dan Transportation Security Administration.

Github Account: muhammadIrfanBisyr
URL Ulasan: http://muhammadirfanbisyros.blogspot.co.id/2017/05/ulasan-1-week04.html
URL Video: https://youtu.be/G5s4-Kak49o
Video Author: Vsauce
Pemetaan: week04
Revisi Pertama: 02 Mei 2017
Revisi Terakhir: 23 Mei 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar